Keajaiban Dongeng

Farras Jadi Dalang

Rasanya lelah sekali, keluh Sisca, dari Cikeas, Bogor. Perjalanan pulang kantor yang luar biasa macet membuatnya ragu apakah ia masih sanggup untuk mendongeng bagi Anjani (4) buah hatinya, malam ini. Itulah dilema para mama bekerja. Tapi melewatkan kesempatan mendongeng untuk balita Anda? Sebaiknya pertimbangkan kembali, Ma.

Tak hanya sekadar cerita pengantar tidur yang menghibur, dongeng juga bisa menjadi sarana yang ajaib untuk menanamkan benih kebaikan sejak kecil. Jadi, dalam setiap cerita, Anda bisa menyisipkan pelajaran tentang apa yang baik dan yang jahat, serta apa yang benar dan tidak benar. Tak berlebihan kalau ada yang mengatakan, bagi anak-anak, apa yang ia dengar, itulah yang akan ia yakini.

Jadi, biarkan ia selalu mendengar dongeng yang tepat dari Anda, Ma. Bertahun-tahun kelak, Anda akan melihat keajaiban dongeng yang Anda perdengarkan untuknya sebagai penebar benih kebaikan.

Saran berikut mungkin akan memudahkan Anda dalam mendongeng:

– Awali dengan gambaran yang menarik. Apa yang dilihat sang putri di atas menara itu? Mengapa ada cahaya berkelap-kelip dari sana? Bagaimana kelelawar itu bisa terbang tanpa suara? Seperti apa keindahan dan keharuman bunga-bunga mawar yang ada di gerbang puri? Tak perlu waktu lama, si kecil Anda sudah akan terbawa dalam imajinasi cerita yang Anda kisahkan.

– Bawa ia ke dalam jalinan cerita yang seru. Di sinilah Anda bisa menyisipkan pelajaran tentang nilai-nilai, seperti berbagi, membantu orang lain, menjaga kejujuran, bersikap ramah dan baik hati, mengucapkan terima kasih, dll. Di bagian ini pula Anda bisa menunjukkan padanya bahwa di dalam kehidupan akan ada ‘masalah’, namun semua itu pasti ada jalan keluarnya.

– Berikan akhir cerita yang bahagia. Anak suka akhir cerita yang bahagia dan kesal atau penasaran jika akhir ceritanya tidak bahagia. Biarkan ia terlelap dalam mimpi yang indah dan tidak diganggu rasa gelisah.

Mudah kan, Ma? Jangan lewatkan kesempatan mendongeng untuknya, ya. Ia pasti akan suka kok, mendengar cerita tentang apapun selama Anda yang mengisahkan untuknya.

Source :parenting.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s