Cara Mudah Masuk Universitas Ternama Di Dunia

masuk universitas terkenal
Dari paparan yang diberikan, ada tip-tip menarik yang dibagikan oleh Dr Maaghul tentang bagaimana menembus universitas-universitas papan atas. Apa yang mereka cari dari pelamar? Berikut beberapa yang saya catat:
1. Siswa yang well rounded, bagus di segala bidang tetapi tidak menonjol di bidang apapun, tidak mendapatkan prioritas.
2. Siswa yang memiliki passion yang sangat besar di satu bidang dan menonjol di bidang itu lebih diutamakan.
3. Siswa yang ingin masuk universitas papan atas karena ingin mengubah dunia menjadi lebih baik lebih diinginkan dari pada siswa yang tujuannya hanya supaya bisa hidup mapan atau menjadi kaya.
4. Siswa yang menunjukkan prestasi dan pencapaian di luar sekolah di bidang yang dia gemari tersebut lebih dilirik.
5. Tentu saja hasil test SAT//ACT sangat menentukan. Ambil juga test mata pelajaran atau AP exams yang menunjang kelebihan siswa.
6. Surat rekomendasi dari orang-orang yang kompeten yang mengetahui kelebihan siswa akan membantu.
7. Pernyataan pribadi dari siswa yang berisi tentang siapa dirinya,cerita hidupnya, passionnya, angan-angannya, kegagalan dan kesuksesannya, apa yang bagi siswa penting dan mengapa, dll sangat menentukan penerimaan.
Sebagai orangtua kita sering kali membuat kesalahan ini sepertinya:
1. Berusaha mati-matian (sambil ngambek dan ngomel) untuk mengatasi kekurangan anak tetapi tidak meluangkan enerji yang sebesar itu untuk mengasah kelebihan anak. Kalau nilai anak 30 di satu mata pelajaran, orangtua sibuk. Di mata pelajaran lain di mana anak dapat nilai 90 kita biarkan, tidak kita dorong untuk kembangkan…sudah bagus ya sudah buat apa repot-repot lagi?
2. Menanamkan dengan gigih bahwa satu-satunya tujuan masuk universitas adalah memperbaiki tingkat finansial diri sendiri (mau jadi apa kamu kalau tidak kuliah? Mau jual pisang goreng?). Orangtua jarang yang mendorong anak-anak untuk kuliah supaya mereka bisa mengubah dunia dan memperbaiki hidup orang lain.
3. Orangtua maunya cepat balen bondo (balik modal). Jadi uang yang dikeluarkan bisa cepat menghasilkan uang. Perduli setan dengan passion anak. Jadi anak kuliah apa jurusannya yang menentukan orangtua berdasarkan pandangan orangtua atas permintaan pasar.
Shared from Ines Setiawan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s